Senin, 14 November 2016

RESENSI BUKU "40 SENI MANAJEMEN KELAS: Aneka Permainan Sederhana untuk Mengontrol Kelas"



ANEKA PERMAINAN MENARIK UNTUK MENGONTROL KELAS



Judul buku      : 40 SENI MANAJEMEN KELAS: Aneka Permainan Sederhana untuk Mengontrol Kelas
Penulis             : Lubis Grafura, Ari Wijayanti, dan Endah Armi
Penerbit           : Ar-Ruzz Media, Yogyakarta
Tebal               : 236 halaman
Tahun terbit     : 2016
ISBN               : 978-602-313-054-2
Harga              : Rp45.000,00

            Salah satu faktor yang memengaruhi proses pembelajaran di dalam kelas adalah faktor kondisi kelas. Dalam sebuah kelas tentu terdiri dari sejumlah murid dengan karakter dan tingkat kecerdasan yang berbeda. Respon murid saat proses pembelajaran berlangsung juga berbeda, ada yang bersikap tenang, ada pula yang tidak tenang, mudah bosan, mengantuk, dan lain-lain. Kondisi tersebut perlu mendapat perhatian dari guru. Apabila dibiarkan, tentu akan dapat mengganggu kelancaran proses pembelajaran, seperti tidak tersampaikannya materi pelajaran dengan baik. Maka dari itu, guru mempunyai peran strategis dalam menciptakan suasana kondusif selama pembelajaran di kelas. Peran strategis guru tersebut diwujudkan dengan seni manajemen kelas. Manajemen kelas merupakan  salah satu cara untuk mengatur bagaimana kelas dapat berjalan sesuai harapan.
Melalui buku ini, penulis menyampaikan empat puluh metode yang dapat digunakan guru untuk memanajemen kelas. Masing-masing metode diberikan penjelasan dengan rinci bagaimana pelaksanaan dan manfaat yang akan didapatkan. Artikel dalam buku ini memiliki lima sampai enam bagian. Bagian pertama adalah judul. Bagian kedua adalah kutipan kalimat dari buku agar memberikan inspirasi guru dalam melakukan pembelajaran. Bagian ketiga adalah Tabel Spesifikasi yang berisi rekomendasi ruangan, jumlah murid, waktu, tingkatan, dan pembelajaran. Bagian keempat adalah prosedur. Bagian kelima dan keenam adalah rekomendasi bacaan dan artikel terkait.
Pada bagian Tabel Spesifikasi, guru diberikan rekomendasi untuk memulai permainan. Ada sejumlah permainan yang bisa dilaksanakan di dalam ruangan maupun di luar ruangan. Begitu pula dengan permainan yang cocok untuk tingkatan SD/SMP/SMA, jumlah murid besar dan kecilnya serta permainan baik yang dilakukan pada saat pagi, siang, maupun sore bisa ditemukan pada tabel tersebut. Pembelajaran dalam Tabel Spesifikasi terbagi menjadi tiga bagian. Pertama, memulai materi baru. Itu berarti permainan ini sangat cocok untuk memulai atau mengawali materi baru. Kedua, mengulang materi. Hal tersebut berarti permainan ini sangat direkomendasikan untuk mengulang materi yang sudah diajarkan sebelumnya. Terakhir, peregangan. Permainan ini hanya untuk mengisi celah-celah pembelajaran agar tidak membosankan.
Dari sisi kualitas, buku ini memberikan banyak manfaat bagi pembaca, terutama bagi seorang guru untuk membawa suasana kelas lebih bersemangat dan antusias, namun tetap fokus pada pelajaran. Buku ini juga memiliki kelebihan yaitu dalam membaca buku ini tidak harus dari urutan halaman pertama. Artinya, buku ini bisa dibaca dari arah mana saja. Bisa dari awal, langsung pada bagian akhir, pada bagian tengah, atau meloncat-loncat. Juga tidak menutup kemungkinan untuk dibaca secara berurutan. Pembaca bisa memilih permainan mana yang dikehendaki melalui daftar isi. Nama-nama permainan dalam buku ini juga sangat menarik, seperti Lempar Takdir, Lima Menit Aku Lima Menit Kamu, Raja Tirani, Milionaire, dan masih banyak lagi. Selain itu, kelebihan lain buku ini adalah dilengkapi petunjuk penggunaan buku dan indeks. Adanya petunjuk penggunaan buku tentu memudahkan pembaca dalam memahami isi buku. Indeks yang terdapat dalam buku ini juga memudahkan pembaca dalam mencari keterangan di dalam buku.
Namun, buku ini juga tidak luput dari kekurangan. Setiap metode dalam buku ini disertai foto (gambar) yang memberikan gambaran bagaimana pelaksanaan metode tersebut di dalam kelas, namun gambar yang ditampilkan kurang menarik karena hanya berwarna hitam putih dan kurang jelas. Selain itu, diantara empat puluh nama metode atau permainan terdapat dua nama yang sama, yaitu permainan nomor 18 dan 39 memiliki nama Kata-kata Bijaksana. Hal ini mengakibatkan pembaca merasa kebingungan, karena kedua permainan tersebut memiliki prosedur dan spesifikasi yang berbeda tetapi memiliki nama yang sama.
Kesimpulannya, buku ini sangat layak dibeli dan dibaca, terutama bagi para pendidik atau guru karena banyak manfaat yang terdapat dalam buku ini. Hanya ada sedikit kekurangan yang dapat segera diperbaiki penulis. Buku ini sangat berguna bagi guru dalam mewujudkan kelas yang selalu dinantikan oleh siswa. Permainan-permainan di dalamnya patut menjadi referensi bagi guru untuk membuat murid tidak hanya diam di tempat duduknya, namun membuat mereka bersemangat, tertawa, dan pada akhirnya merenungi apa yang mereka pelajari.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar